February 25, 2024

Sustanomics.net

Sustanomics.net

Penjelajah China Kuno Pernah Mendarat di Amerika Sebelum Bangsa Eropa

Sudah sejak lama ada claim yang mengatakan jika orang China kuno terlebih dahulu datang di Amerika dibanding bangsa Eropa. Penemuan baru berbentuk petroglif bisa jadi bukti berkaitan kebenaran claim itu.

Periset epigraf, John A. Ruskamp Jr. mengenali ada petroglif yang tidak biasa, diketemukan jauh di atas jalan setapak di Monumen Nasional Petroglif Albuquerque, Amerika Serikat (AS).

Sesudah konsultasi dengan beberapa pakar tulisan batu asli Amerika dan skrip Cina kuno Agen bola terpercaya untuk memperkuat analitisnya, ia mengaitkan jika pesan yang bisa dibaca dari petroglif ini kemungkinan dicatat oleh satu kelompok pelacak China beberapa ribu tahun lalu.

Lambang yang beda dan menyebar luas yang ia dapatkan memperlihatkan banyak tanda-tanda orisinalitas. Lambang ini mempunyai potensi memberikan inspirasi penyidikan yang semakin lebih serius pada hubungan awalnya trans-Pasifik.

Sampai sekarang ini, Ruskamp sudah mengenali lebih dari 82 petroglif Agen bola terbaik yang pas dengan aksara China kuno yang unik bukan hanya di sejumlah situs di Albuquerque, New Mexico, tapi juga disekitaran Arizona, dan di Utah, Nevada, California, Oklahoma, dan Ontario.

Secara kelompok, ia yakin jika beberapa artefak ini dibikin oleh ekspedisi penelusuran China awalnya, walaupun beberapa nampaknya adalah reproduksi yang dibikin oleh warga asli untuk maksud mereka sendiri, seperti d ikutip dari Ancient Origins, Rabu (14/6).

Ruskamp mengartikan petroglif Albuquerque itu, yang mengeluarkan bunyi: “Gēng (tanggal; Tangkai Langit Cina ke-7 ); Jié (berlutut dengan hormat); Da (hebat—mengacu pada atasan); Quăn (anjing—hewan kurban); Xiàn (menyembahkan penyembahan ke nenek moyang yang sudah wafat); dan Dà Jiă (nama raja ke-3  dinasti Shang).”

Ruskamp menjelaskan, susah untuk tentukan umur petroglif secara fisik dengan kejelasan mutlak. Simbol-simbol yang diketemukan dalam petroglif ialah umum untuk tulisan China dan tulisan kuno warga asli Amerika.

error: Content is protected !!